Cara Alami Mengobati Batuk yang Menjengkelkan

Cara Alami Mengobati Batuk yang Menjengkelkan. Siapa sih yang tidak pernah mengalami sakit batuk? Hampir pasti setiap manusia yang hidup didunia dari bayi sampai kakek nenek pasti pernah mengalaminya. Batuk adalah penyakit yang sangat umum diderita oleh umat manusia, terutama negara tropis seperti di Indonesia.

Batuk adalah refleks alami tubuh kita terhadap keberadaan iritasi di tenggorokan. Batuk adalah cara tubuh untuk menghilangkan benda asing atau lendir dengan tujuan untuk membersihkan rongga udara.

 Batuk ada bermacam-macam jenisnya, antara lain, batuk berdahak, batuk kering, ataupun batuk karena merokok. Batuk, baik yang berdahak atau kering bisa sangat menjengkelkan, untuk yang menderita batuk tersebut maupun buat orang-orang disekitarnya. Pengobatan batuk basah / berdahak umumnya melibatkan penggunaan ekspektoran dan mukolitik yang membantu untuk menyingkirkan dahak yang terakumulasi dalam paru-paru. Antihistamin atau antibiotik mungkin juga akan diresepkan untuk mengobati infeksi, tetapi Obat-obat bebas tersebut yang sering di jual juga di minimarket maupun apotek hanya menekan gejala tanpa mengatasi masalah


Berikut adalah beberapa cara alami mengobati batuk anda yang dapat anda coba dirumah,
  • Obat herbal untuk Batuk berdahak. Salah satu cara terbaik untuk mengobati batuk berdahak ini adalah dengan menggunakan campuran madu dan lemon. Ambil setengah cangkir air hangat dan tambahkan 2 sendok makan  perasan lemon segar dan 3 sendok makan madu, minum campuran ramuan herbal ini 3 kali sehari.
  • Kalau anda orang jawa, campuran perasan jeruk nipis dan kecap manis sudah digunakan sejak jaman nenek moyang untuk meredakan batuk yang membandel.
  • Untuk anda yang menderita batuk kering yang sangat gatal di tenggorokan, anda bisa mencoba campuran rebusan air jahe yang telah disaring di tambah 2 sendok teh madu.
  • Campuran 2 sendok teh madu dan sedikit daun kemangi yang direbus dan disaring kemudian rutin diminum 2 kali sehari juga dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh, terutama buat batuk yang kering.
  • Anda juga dapat menggunakan buah almond untuk mengobati batuk kering. Caranya adalah dengan merendam 7-8 buah almond semalaman. Kupas dan giling almond yang sudah direndam tadi untuk membuat pasta. Tambahkan sedikit madu dan mentega ke dalam pasta almond. giling lagi campurannya, dan konsumsi rutin 2 kali sehari.
  • Ada lagi cara yang nikmat untuk mengobati batuk anda, yaitu dengan menambahkan bubuk kunyit halus ke dalam 30 mL susu hangat dan minumlah sebelum tidur.
  • Untuk anda yang sedang menderita batuk berdahak yang terus menerus, tambahkan buah anggur dalam menu makanan anda.  Anggur memliliki ekspektoran alami yang dapat membantu membersihkan dahak yang terakumulasi dalam paru-paru.
  • Adalagi ramuan herbal yang diyakini cukup efektif untuk menghilangkan batuk anda, yaitu dengan mengupas dan memotong 6 ruas bawang merah dicampur dengan  4 sendok makan madu ke dalam mangkuk dan dipanaskan di atas penangas air, jangan langsung ke api. Tutup dan didihkan selama 2 jam. Saring campuran dan minum 1 sendok makan setiap 2 atau 3 jam.


Nah kalau cara mengobati batuk anda secara alami dengan obat-obatan herbal diatas masih tidak mempan, anda harus segera periksakan ke dokter, mungkin harus diberikan resep obat antibiotik. Semoga artikel dari Blackhtc ini dapat bermanfaat dan dapat membantu menyembuhkan batuk anda. Jika berkenan silakan di share artikel ini ke banyak orang, teman dan kerabat anda agar mereka juga tahu bahwa ada cara alami mengobati batuk yang menjengkelkan dengan bahan-bahan herbal yang biasa kita temui dirumah kita.
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Cara / Kesehatan dengan judul Cara Alami Mengobati Batuk yang Menjengkelkan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blackhtc.blogspot.com/2013/03/cara-alami-mengobati-batuk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ifan Andri Prastya - Sabtu, 16 Maret 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Alami Mengobati Batuk yang Menjengkelkan"

Posting Komentar

Komentar anda mencerminkan pribadi anda. Jadi berikanlah komentar yang baik sesuai dengan topik yang dibahas.