Cara Jitu Untuk Mempercepat Booting Windows 7 di PC anda

Apakah booting Windows 7 pc anda terasa berjalan sangat lambat setelah beberapa lama anda pakai? Apakah Anda ingin membuat windows 7 lebih cepat tapi tidak perlu membayar tukang service komputer untuk memperbaiki komputer lemot anda? Mungkin beberapa tips dan cara mempercepat booting windows 7 berikut ini bisa membantu Anda!

Cara Mempercepat Booting Windows 7

1. Kurangilah Program-program di Start Up

Jika Windows 7 memakan waktu lebih dari satu menit untuk loading, mungkin pc anda memiliki terlalu banyak program yang terbuka secara otomatis oleh sistem ketika booting. Loading yang lama merupakan indikasi adanya konflik serius antara perangkat keras, jaringan, atau perangkat lunak lainnya.


Banyak sekali program yang dirancang oleh para programmer untuk memulai secara otomatis ketika Windows mulai. Produsen perangkat lunak sering menetapkan program-program mereka untuk terbuka di latar belakang, di mana Anda tidak dapat melihat program2 tersebut berjalan. Sebenarnya program2 di start up ini akan cukup membantu anda jika anda sering menggunakannya, tapi buat program yang jarang digunakan, maka ini akan mubazir dan merperlambat waktu loaing/booting pada windows 7 anda, waktu anda terbuang percuma karena hal ini. Jadi cara terbaik adalah dengan menghapus program-program d start up yang tidak pernah atau jarang digunakan.

Terus bagaimana caranya membersihkan start up untuk mempercepat kenerja windows 7? Berikut ini Caranya:
1. Ketik Tombol "Win+R" - Tombol Win ini ada di sebelah tombol "Alt"
2. Setelah Muncul Windows baru, ketikkan: msconfig, lalu pilih "ok" pakai mouse, atau tekan enter dari keyboard anda.
3. lalu akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini:



4. Pilih Tab "Start Up" lalu, lalu lihat daftar yang ada, jika ada program yang jarang atau tiak pernah anda pakai, hilangkan tanda centangnya, lalu pilih "Apply"

2. Cara Kedua untuk Mempercepat Booting Windows 7

Setelah anda membersihkan start up pc anda, anda bisa juga merubah waktu loading standar windows pc anda. Cara ini dapat dilakukan dengan merubah setting pada msconfig>boot, seperti langkah satu diatas, tapi pilihlah Tab "Boot", kemudian di kotak kanan ada timeout, rubah jadi 3 detik/seconds.

Selanjutnya Pilih "advanced options", Centang "number of processors", dan centang juga "maximum memory", ubah nilainya ari 0 menjadi: 4096, lalu tekan OK.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video dari youtube ini:



3 Uninstall Program dan Software yang Tidak Pernah diPakai

Kalau langkah satu dan dua diatas suddah dilakukan ternyata masih terasa lemot komputernya, coba uninstall saja program-program dan software yang jarang sekali atau tidak pernah digunakan untuk menghemat space hard disk komputer dan meningkatkan kinerja windows 7 di PC / Notebook anda. 

Caranya cukup mudah, Pilih Start>All Programs> cari program yang mau di Uninstall> Cari option/pilihan Uninstall> Beres.

Untuk sementara 3 tips dan cara mempercepat booting windows 7 diatas dicoba dulu yah, kalau masih lemot juga tuliskan komentar anda, nanti saya coba carikan lagi tips-tips yang lainnya kalau anda punya tips yang lebih jitu untuk mempercepat loading windows 7 selain yang diatas, bagi2 ke kita yah. makasih, dan semoga bermanfaat. 


100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / Windows dengan judul Cara Jitu Untuk Mempercepat Booting Windows 7 di PC anda. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blackhtc.blogspot.com/2013/02/cara-mempercepat-booting-windows-7.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ifan Andri Prastya - Jumat, 15 Februari 2013

5 komentar untuk "Cara Jitu Untuk Mempercepat Booting Windows 7 di PC anda"

Komentar anda mencerminkan pribadi anda. Jadi berikanlah komentar yang baik sesuai dengan topik yang dibahas.