7 Windows 7 Tips dan Triks Terbaik

7 Windows 7 Tips dan Triks Terbaik. Windows 7 merupakan salah satu OS dari microsoft update dari windows XP, walaupun sekarang sudah muncul windows 8, masih banyak pengguna yang setia dengan windows 7 mereka. Di artikel ini akan dibahas beberapa tips windows 7 selain cara mempercepat booting windows 7 yang sudah dibahas diartikel sebelumnya.

Nah berikut ini adalah beberapa trik dan tips windows 7 yang mungkin buat anda para pengguna PC dengan sistem operasi windows 7 belum mengetahuinya.

1. Bypass Recycle Bin


Windows Recycle Bin adalah perlindungan yang baik terhadap penghapusan file yang disengaja. Namun, ketika Anda tahu Anda ingin menghapus secara permanen file, Anda dapat mengabaikan hal itu. Alih-alih menekan tombol Del, anda dapat menekan tombol Shift + Del, kemudian Shift + Enter untuk konfirmasi.

Jika anda mau, Anda juga dapat secara permanen menonaktifkan fitur Recycle Bin. Pertama, klik kanan pada Recycle Bin, kemudian pilih Properties. Klik pada drive yang ingin Anda nonaktifkan Recycle Bin nya, kemudian pilih "Don't move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted." Klik tombol OK atau Apply untuk menyimpan perubahan. Silahkan lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya:

menonaktifkan recycle bin windows 7
(Gbr: Ed Rhee)
2. Tips untuk membuka Windows Explorer lebih cepat

Apakah Anda masih menggunakan mouse ke ikon Windows Explorer atau mengkl1k dua kali pada My Computer untuk menelusuri file Anda? ternyata ada cara yang lebih cepat untuk membuka windows explorer yaitu dengan menekan Logo Windows + E , dan Windows Explorer di PC windows 7 anda akan terbuka dalam sekejap.

3. Mengaktifkan garis bawah untuk cara pintas keyboard

Windows 7 memiliki banyak menu tombol pintas, tapi mereka tersembunyi secara default. Untuk mengaktifkan garis bawah pada cara pintas, pergi ke Control Panel > Ease of Access Center > Change how your keyboard works  Klik pada kotak di samping "Underline keyboard shortcuts and access keys," lalu tekan OK atau tombol Apply untuk menyimpan.

cara pintas keyboard

cara pintas keyboar windows 7
(Gbr: Ed Rhee)
4. Nonaktifkan Windows splash screen

Menonaktifkan splash screen Windows dapat mengurangi beberapa detik dari total waktu boot. Untuk melakukan ini, silahkan buka Windows RUN (Windows Logo + R), lalu ketik msconfig. Pada tab Boot, centang kotak di samping "No GUI Boot."  kemudian Tekan tombol OK atau Apply untuk menyimpan perubahan.

menonaktifkan windows splash screen
(Gbr: Ed Rhee)
5. Mengunci Windows 7 dengan cepat

Apakah Anda berada di kantor, perpustakaan, kafe atau tempat umum lainnya? Merupakan ide yang bagus untuk segera mengunci windows 7 anda sebelum anda melangkah pergi meninggalkannya. Untuk mengunci Windows dengan cepat, tekan Logo Windows + L.

6. Menampilkan file tersembunyi, folder, dan drive

Untuk melihat file, folder, dan drive yang tersembunyi (Hidden), Silakan buka windows search box (Logo Windows) dan ketik folder. Selanjutnya, pilih Folder Options dari daftar pencarian dan navigasi ke tab View. Di bawah file dan folder tersembunyi, centang kotak di samping "Show hidden files, folders, and drives." Mudah bukan?

menampilkan file tersembunyi di windows 7
(Gbr: Ed Rhee)

7. Mengubah Nama Banyak File 

Untuk mengubah nama beberapa file di Windows, sorot file yang Anda inginkan untuk diubah namnya, lalu tekan tombol F2. Ubah nama file pertama, kemudian tekan Enter. Semua file Anda akan berganti nama dan nomor dalam tanda kurung akan ditambahkan ke akhir nama. Jika Anda berubah pikiran, Anda dapat menekan Ctrl + Z untuk membatalkan mengubah nama.

Sebelum diubah nama filenya:

mengubah nama file di windows 7

Sesudah Diubah namanya:

(Gbr: Ed Rhee)
Demikianlah 7 Tips windows 7 yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Saya yakin masih banyak tips dan triks windows 7 yang mungkin tidak diketahui oleh penulis juga, silakan share disini jika anda mengetahuinya.


100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips / Windows dengan judul 7 Windows 7 Tips dan Triks Terbaik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blackhtc.blogspot.com/2013/05/7-windows-7-tips-dan-triks-terbaik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ifan Andri Prastya - Senin, 06 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "7 Windows 7 Tips dan Triks Terbaik"

Posting Komentar

Komentar anda mencerminkan pribadi anda. Jadi berikanlah komentar yang baik sesuai dengan topik yang dibahas.